BAN-S/M Provinsi Sulawesi Tenggara Tingkatkan Kualitas Asesor

Helat Pelatihan yang Diikuti 85 Calon Asesor

Koran Kendari POS 11/6/2021

Persiapan akreditasi dari berbagai aspek terus dioptimalkan pihak Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah (SM) Sultra. Tak hanya koordinasi kesiapan sekolah ataupun madrasah, BAN S/M juga memberikan penguatan pada 55asesor yang lulus tahun lalu.

tepatnya, BAN S/M Sultra kembali mengadakan pelatihan kepada 85 asesor yang telah dinyatankan lulus seleksi. hal ini dilakukan untuk meningkatkan skill dan kompetensi dalam menghadapi pelaksanaan akreditasi yang akan dilakukan di 430 sekolah se-Sultra pada Juli 2021 mendatang.

Ketua BAN-S/M Sultra, Prof.Dr.H.Anwar Hafid., M.Pd., mengatakan pihaknya terus melakukan berbagai cara dan strategi agar proses akreditasi sekolah bisa sukses dan lancar. Salah satunya denga terus melakukan peningkatan kualitas dari tim asesor.

“Yang mengikuti pelatihan adalah mereka yang telah berhasil lulus seleks, mulai dari administrasi sampai tahap wawacara, dari 600 orang hanya 85 saja yang dinyatakan lulus. Merekalah yang kita berkali dengan pengetahuan, ilmu, dan tata cara serta mekanisme dari proses akreditasi. Karena nantinya, merekalah yang akan memeriksa, sehingga sangat penting diberikan pelatihan atau traning terkait proses jalannya akreditasi”, ungkap Anwar Hafid, Kemarin.

Terkait materi pelatihan, Prof Anwar menjelaskan bahwa peserta diberikan pelatihan khusus seputar proses akreditasi, mulai dari kedisiplinan yang menjadi poin dasar harus dipahami oleh setiap asesor, yang bekerja langsung dilapangan, serta skill dan kemampuan yang menjadi poin penting.

“Pertama sikap atau attitude yang kita berikan, bagaimana bisa berkomunikasi dengan baik, memberikan pelayanan yang maksimal, serta hal-hal yang berisifat positif harus selalu menjadi ciri khas dati tim asesor. Kemudian adanya peningkatan skill, pengetahuan, terutama mengenai masalah IT, menjadi salah satu poin penting yang wajib dikuasai oleh asesor, karena proses akreditasi hampir semua menggunakan sistem online sehingga penguasaan IT sangat penting,”paparnya.

pastinya, lanjutdia, nilai kognitif, afektif, sikomotorik harus dikuasai para asesor, mulai dari pengetahuan umum sampai kepada yang khusus, juga harus dipahami. Karena tim asesor harus melakukan perannya dengan baik, tidak boleh ada kekurangan sedikit dalam melaksanakan tugas, karena merekalah yang menjadi penentu apakah sekolah sudah berkualitas atau belum.

Ia pun berharap pelatihan yang dilakukkan ini, bisa memberikan sebuah hal positif, terutama dalam peningkatan kualitas dari tim asesor. Mengingat, merekalah yang menjadi aksekutor dalam menentukan, apakah sekolah memiliki kredibilitas atau tidak.

“Harapan kami mereka benar-benar menyerap semua materi yang diberikan dengan baik, serta bisa mengimplementasikan secara maksimal di lapangan. Karena 85 asesor ini akan dinilai lagi oleh tim pusat, sehingga mereka harus betul-betul bekerja secara maksimal dan optimal, agar mereka bisa dinyatakan lulus sebagai tim asesor tetap. Semoga tahun ini kita bisa masuk lima besar nasional untuk Skala akreditasi tersukses,”pungkasnya.

Pelatihan Khusus tim asesor ini digelas online selama lima hari, mulai dari tanggal 7-11 Juni. Dengan melibatkan 15 orang pemateri, yang terdiri dari BAN-S/M Sultra 10, dan Asesor terpilih 3 orang.

Author: Mursalim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *